Berikut adalah profil kurikulum untuk MTsN 1 Sukoharjo yang menampilkan informasi utama mengenai penyelenggaraan pendidikan, struktur kurikulum, dan pendekatan pembelajaran di madrasah tersebut:
Profil Kurikulum MTsN 1 Sukoharjo
- Visi Kurikulum
- Menghasilkan lulusan yang berakhlakul karimah, berprestasi, memiliki wawasan keislaman dan kebangsaan, serta siap menghadapi tantangan global.
- Misi Kurikulum
- Menyediakan pendidikan berkualitas yang berbasis pada nilai-nilai Islam dan kebangsaan.
- Meningkatkan kompetensi peserta didik dalam bidang akademik dan non-akademik melalui metode pembelajaran yang inovatif.
- Mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi pribadi yang mandiri, kreatif, dan produktif.
- Struktur Kurikulum
- Mata Pelajaran Inti:
- Pendidikan Agama Islam (Qur’an Hadis, Aqidah Akhlak, Fikih, Sejarah Kebudayaan Islam, Bahasa Arab)
- Pendidikan Kewarganegaraan
- Bahasa Indonesia
- Matematika
- Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
- Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
- Bahasa Inggris
- Seni Budaya dan Prakarya
- Penjasorkes (Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan)
- Mata Pelajaran Khusus Madrasah:
- Pengembangan Tahfidzul Qur’an
- Pembelajaran Berbasis Keagamaan dan Akhlakul Karimah
- Ekstrakurikuler:
- Diselenggarakan untuk mendukung pengembangan minat dan bakat siswa seperti OSIS, pramuka, tahfidz, marawis, seni kaligrafi, futsal, dan berbagai kegiatan lain.
- Mata Pelajaran Inti:
- Pendekatan Pembelajaran
- Pendekatan Tematik Integratif: Pembelajaran yang menghubungkan antara ilmu agama dengan ilmu umum, sehingga menghasilkan pemahaman holistik.
- Pendekatan Student-Centered Learning: Berfokus pada peran aktif siswa dalam proses pembelajaran, di mana guru berfungsi sebagai fasilitator.
- Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning): Kegiatan pembelajaran yang melibatkan siswa untuk menyelesaikan proyek-proyek tertentu yang menuntut kolaborasi, kreativitas, dan pemecahan masalah.
- Pendekatan Berbasis Al-Qur’an dan Hadis: Setiap pelajaran disisipkan nilai-nilai Qur’ani dan Sunnah untuk membangun karakter Islami siswa.
- Kegiatan Pengembangan Diri dan Pembiasaan Karakter
- Kegiatan Keagamaan: Shalat Dhuha dan Dhuhur berjamaah, kajian keagamaan rutin, serta program Tahfidzul Qur’an.
- Kegiatan Pembiasaan Karakter: Disiplin masuk dan keluar sekolah, kegiatan piket kelas, dan kegiatan Jumat bersih.
- Pengembangan Literasi: Program membaca Al-Qur’an dan literasi umum yang dilakukan secara berkala.
- Evaluasi dan Penilaian
- Penilaian Akademik: Menggunakan pendekatan Kurikulum Merdeka atau Kurikulum 2013 (tergantung kebijakan yang diterapkan), mencakup penilaian harian, tengah semester, akhir semester, serta ujian praktik untuk beberapa mata pelajaran.
- Penilaian Karakter: Melalui observasi dan bimbingan oleh wali kelas dan guru BK, untuk memastikan siswa memiliki sikap yang mencerminkan nilai-nilai madrasah.
- Program Unggulan
- Program Tahfidzul Qur’an: Mendorong siswa untuk menghafal Al-Qur’an sesuai target tertentu per tingkat kelas.
- Pembelajaran Bilingual: Pada beberapa mata pelajaran, pembelajaran menggunakan dua bahasa (Indonesia dan Inggris) untuk mendukung kompetensi global.
- Program Bimbingan Prestasi: Pelatihan khusus bagi siswa berprestasi yang akan mengikuti berbagai olimpiade dan kompetisi, baik di tingkat daerah maupun nasional.
- Kerjasama dan Kemitraan
- Kerjasama dengan Pondok Pesantren: Untuk mengembangkan pendidikan karakter berbasis pesantren.
- Kemitraan dengan Institusi Pendidikan Lain: Seperti sekolah lain atau lembaga bimbingan untuk mendukung pembelajaran tambahan dan persiapan olimpiade.
- Kerjasama dengan Komite Sekolah: Untuk meningkatkan partisipasi dan dukungan orang tua dalam kegiatan sekolah.
Profil kurikulum ini mencerminkan komitmen MTsN 1 Sukoharjo dalam mencetak siswa yang tidak hanya unggul dalam akademik tetapi juga berkarakter Islami yang kuat. Dengan dukungan program pendidikan dan pengembangan diri yang terarah, diharapkan lulusan MTsN 1 Sukoharjo mampu menjadi generasi penerus yang memiliki kompetensi dan karakter yang dibutuhkan di masa depan.