KURIKULUM

Berikut adalah profil kurikulum untuk MTsN 1 Sukoharjo yang menampilkan informasi utama mengenai penyelenggaraan pendidikan, struktur kurikulum, dan pendekatan pembelajaran di madrasah tersebut:


Profil Kurikulum MTsN 1 Sukoharjo

  1. Visi Kurikulum
    • Menghasilkan lulusan yang berakhlakul karimah, berprestasi, memiliki wawasan keislaman dan kebangsaan, serta siap menghadapi tantangan global.
  2. Misi Kurikulum
    • Menyediakan pendidikan berkualitas yang berbasis pada nilai-nilai Islam dan kebangsaan.
    • Meningkatkan kompetensi peserta didik dalam bidang akademik dan non-akademik melalui metode pembelajaran yang inovatif.
    • Mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi pribadi yang mandiri, kreatif, dan produktif.
  3. Struktur Kurikulum
    • Mata Pelajaran Inti:
      • Pendidikan Agama Islam (Qur’an Hadis, Aqidah Akhlak, Fikih, Sejarah Kebudayaan Islam, Bahasa Arab)
      • Pendidikan Kewarganegaraan
      • Bahasa Indonesia
      • Matematika
      • Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
      • Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
      • Bahasa Inggris
      • Seni Budaya dan Prakarya
      • Penjasorkes (Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan)
    • Mata Pelajaran Khusus Madrasah:
      • Pengembangan Tahfidzul Qur’an
      • Pembelajaran Berbasis Keagamaan dan Akhlakul Karimah
    • Ekstrakurikuler:
      • Diselenggarakan untuk mendukung pengembangan minat dan bakat siswa seperti OSIS, pramuka, tahfidz, marawis, seni kaligrafi, futsal, dan berbagai kegiatan lain.
  4. Pendekatan Pembelajaran
    • Pendekatan Tematik Integratif: Pembelajaran yang menghubungkan antara ilmu agama dengan ilmu umum, sehingga menghasilkan pemahaman holistik.
    • Pendekatan Student-Centered Learning: Berfokus pada peran aktif siswa dalam proses pembelajaran, di mana guru berfungsi sebagai fasilitator.
    • Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning): Kegiatan pembelajaran yang melibatkan siswa untuk menyelesaikan proyek-proyek tertentu yang menuntut kolaborasi, kreativitas, dan pemecahan masalah.
    • Pendekatan Berbasis Al-Qur’an dan Hadis: Setiap pelajaran disisipkan nilai-nilai Qur’ani dan Sunnah untuk membangun karakter Islami siswa.
  5. Kegiatan Pengembangan Diri dan Pembiasaan Karakter
    • Kegiatan Keagamaan: Shalat Dhuha dan Dhuhur berjamaah, kajian keagamaan rutin, serta program Tahfidzul Qur’an.
    • Kegiatan Pembiasaan Karakter: Disiplin masuk dan keluar sekolah, kegiatan piket kelas, dan kegiatan Jumat bersih.
    • Pengembangan Literasi: Program membaca Al-Qur’an dan literasi umum yang dilakukan secara berkala.
  6. Evaluasi dan Penilaian
    • Penilaian Akademik: Menggunakan pendekatan Kurikulum Merdeka atau Kurikulum 2013 (tergantung kebijakan yang diterapkan), mencakup penilaian harian, tengah semester, akhir semester, serta ujian praktik untuk beberapa mata pelajaran.
    • Penilaian Karakter: Melalui observasi dan bimbingan oleh wali kelas dan guru BK, untuk memastikan siswa memiliki sikap yang mencerminkan nilai-nilai madrasah.
  7. Program Unggulan
    • Program Tahfidzul Qur’an: Mendorong siswa untuk menghafal Al-Qur’an sesuai target tertentu per tingkat kelas.
    • Pembelajaran Bilingual: Pada beberapa mata pelajaran, pembelajaran menggunakan dua bahasa (Indonesia dan Inggris) untuk mendukung kompetensi global.
    • Program Bimbingan Prestasi: Pelatihan khusus bagi siswa berprestasi yang akan mengikuti berbagai olimpiade dan kompetisi, baik di tingkat daerah maupun nasional.
  8. Kerjasama dan Kemitraan
    • Kerjasama dengan Pondok Pesantren: Untuk mengembangkan pendidikan karakter berbasis pesantren.
    • Kemitraan dengan Institusi Pendidikan Lain: Seperti sekolah lain atau lembaga bimbingan untuk mendukung pembelajaran tambahan dan persiapan olimpiade.
    • Kerjasama dengan Komite Sekolah: Untuk meningkatkan partisipasi dan dukungan orang tua dalam kegiatan sekolah.

Profil kurikulum ini mencerminkan komitmen MTsN 1 Sukoharjo dalam mencetak siswa yang tidak hanya unggul dalam akademik tetapi juga berkarakter Islami yang kuat. Dengan dukungan program pendidikan dan pengembangan diri yang terarah, diharapkan lulusan MTsN 1 Sukoharjo mampu menjadi generasi penerus yang memiliki kompetensi dan karakter yang dibutuhkan di masa depan.